Rabu, 30 Desember 2015

Materal UPVC Sebagai Kusen

Materal UPVC Sebagai Kusen 



Materal UPVC Sebagai Kusen


PVC yang biasa digunakan pada pipa digunakan juga sebagai kusen pintu dan jendela. Yulk kita kenali lebih jauh UPVC si pengganti kayu.


Saat ini penggunaan kayu sebagai material konstruksi sedikit demi sedikit terus berkurang karena semakin terbatasnya jumlah kayu di pasaran serta konsumen yang semakin sadar pada pentingnya kelestarian hutan serta kebutuhan akan bahan kusen yang lebih tahan lama dan kuat.  Saat ini terdapat aterial alternatif pengganti kayu yaitu UPVC, UPVC atau Unplastized Polyvinyl Chloride memiliki kualitas dan kekuatan yang relatif lebih baik dibandingan besi, alumunium maupun kayu, namun harga UPVC juga lebih tinggi dibandingkan material tersebut. Saat ini produk kusen UPVC sudah banyak digunakan pada perumahan mewah dan bangunan komersial.  


Berikut ini beberapa kelebihan kusen UPVC:

  1. Meredam Kebisingan, Kusen pintu dan jendela UPVC telah menggunakan sistem khusus untuk meredam kebisingan, yang disebut double sealed diantara kusen dan daunnya. Sehingga, kebisingan dari luar jika rumah berada di sisi jalan raya besar, bisa teredam secara maksimal.
  2. Ramah Lingkungan, UPVC mengambil materialnya dari minyak bumi dan unsur garam. Material ini disebut dengan thermoplastic, yang memiliki sifat tahan terhadap segala macam perubahan dan kondisi cuaca, dan zat kimia dengan tambahan beberapa material kimia untuk menambah kekuatan dan stabilizer sehingga ramah lingkungan. Hasilnya, UPVC memiliki persenyawaan yang sempurna untuk pembuatan kusen pintu dan jendela.
  3. Hemat Energi, Menggunakan UPVC untuk kusen pintu dan jendela membuat penghuni rumah mampu menghemat tagihan listrik dari pemakaian AC. Ini dikarenakan tingkat thermal conducitvity UPVC memiliki titik yang rendah. Bentuk profil UPVC yang meiliki 3 cavities atau sekat ruangan akan membuat ruangan terasa sejuk sehingga penggunaan AC pun menjadi lebih hemat dan efisien.
  4. Anti Bocor dan Tahan Api, UPVC  didesain sehingga pintu dan jendelanya telah memiliki sistem yang mampu menahan air hujan dan tahan api sesuai standar keamanan terhadap kebakaran. 
  5. Bebas Perawatan, UPVC memiliki permukaan yang amat halus dan juga tidak berpori, sehingga pengecetan tak lagi diperlukan, dan kusen rumah akan mudah dibersihkan sekaligus tidak membutuhkan perawatan dan perlakuan secara khusus.
  6. Tahan Cuaca, Proses produksi UPVC memiliki keunikan karena telah dicampir dengan agen ultra violet, sehingga kusen dan jendel yang terkespos sinar matahari bisa tahan lama, terutama kusen yang digunakan di luar ruangan. Penggunaan PVC akan berbeda karena materialnya akan terdegradasi karena sinar ultraviolet. Lama kelamaan, PVC akan getas mirip kerupuk. 

Kekurangan material UPVC adalah:
  1. Harga masih relatif tinggi
  2. Pemasangan harus dilakukan oleh ahli 
Bagaimana apakah anda tertarik menggunkan material UPVC sebagai kusen di rumah anda?. Demikian artikel tentang UPVC ini, semoga berguna untuk anda. Baca juga informasi menarik lainnya seputar kusen dibawah ini.

  • Mengenal Jenis-Jenis Kayu Kusen
  • Tips Merawat Kusen Kayu  
  • Mengenal Kusen Alumunium 
  • Perbandingan Kusen Kayu dan Kusen Alumunium