Senin, 28 Desember 2015

Tips Merawat Kusen Kayu



Tips Merawat Kusen Kayu


Tips Merawat Kusen Kayu

Sebuah bangunan tidak pernah lepas dari sebuah jendela dan pintu, hal tersebut merupakan bagian terpenting yang harus terpasang pada sebuah bangunan dan seperti bagian bangunan lainnya, kusen perlu dirawat berikut adalah tips merawat kusen kayu.



Bangunan terdiri dari banyak bagian yang setiap bagian tersebut perlu dirawat secara berkala agar awet dan tahan lama. Salah satu bagian penting bangunan adalah kusen yang berfungsi sebagai lokasi akses masuk ke dalam bangunan, banyak hal yang dapat merusak kusen antara lain seranngan binatang pengerat dan serangga serta kerusakan mekanik seperti terkena air, macet, kusen tidak lagi pas dan lain-lain. 

Merawat kusen bukanlah hal yang mudah karena itu akan tergantung dari jenis kusen yang Anda miliki dirumah. Tujuan merawat kusen itu sendiri tentu tidak lepas dari agar kusen awet dan tahan lama. 

Berikut adalah beberapa tips pencegahan dan perawatan kusen kayu anda.  

Pencegahan

  1. Pilih kayu yang berumur tua dan kayu tidak basah sehingga bentuk kayu tidak berubah bentuk dan tidak mudah diserang  binatang pengerat atau serangga 
  2. Bila kusen kayu sudah terpasang aplikasikan zat anti serangga dan anti jamur  umumnya zat berbentuk cairan yang dapat diaplikasikan dengan disemprot atau dikuas pada permukaan kayu. 
  3. Pemasangan kusen jendela dan pintu sedapat mungkin terlindung dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan.
  4. Setelah pemasangan berlangsung kusen harus dipasang dengan sejajar dan pas pada sisi-sisi tembok, jangan sampai kusen yang telah dipasang condong ke depan atau belakang.Tembok sebagai penopang kusen haruslah kokoh dan kuat agar bisa menahan bobot kusen tersebut.

Perawatan

  1. Sebelum kusen dicat, pada bagian-bagian yang berlubang pada kayu dan pori-pori, haruslah di tambal dengan dempul kayu khusus, lalu di haluskan dengan menggunakan amplas halus.
  2. Bila kusen pada jendela dan pintu telah lama dicat, lalu terdapat kotoran seperti gumpalan debu, kotoran hewan atau serangga haruslah di bersihkan untuk menghindari bercak-bercak yang menempel pada kusen.
  3. Pengecatan ulang perlu dilakukan agar kondisi kusen tersebut tetap halus dan terawat serta terlihat selalu bersih.
  4. Hindari kusen dari benturan berupa benda tajam dan keras akibat perabotan atau kendaraan, karena hal tersebut akan meninggalkan goresan permanen pada kayu seperti terkelupas dalam.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat kusen kayu di rumah Anda, perawatan secara berkala perlu dilakukan agar kusen tetap terlihat bersih dan berfungsi dengan baik. Demikian artikel saya, semoga berguna untuk anda. Baca juga informasi menarik lainnya seputar kusen dibawah ini.

  • Mengenal Jenis-Jenis Kusen
  • Material UPVC Sebagai Kusen 
  • Mengenal Kusen Alumunium 
  • Perbandingan Kusen Kayu dan Kusen Alumunium